File Administrasi Pendidikan

RPP 1 Lembar Halaman Sesuai Mendikbud No 14 Tahun 2019

Bagaimana Informasi mengenai RPP 1 Lembar? apakah pendidik telah mengetahui surat edaran no 14 tahun 2019 Mendikbud. Kebetulan pada kesempatan kali ini melalui situs admterbaru.blogspot.com admin akan membahas sedikit mengenai kebijakan kemendikbud tentang penyederhanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) 1 halaman/lembar.

Contoh penyederhanaan RPP satu lembar yang kami bagikan pada dasarnya merupakan referensi buat rekan-rekan pendidik yang menjalankan pelaksanaan program Kurikulum 2013 di tiap jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK. Sebab kebijakan dari menteri pendidikan dan kebudayaan adalah bagian suatu prosedur yang harus dijalankan saat ini pada program pendidikan.

Berbicara terkait kesederhanaan RPP K-13 arahan Mendikbud (SE Nomor 14 Tahun 2019) menurut sudut pandang admin sendiri melihat dari info resminya ialah bagian suatu perubahan yang dilakukan supaya guru dapat meningkatkan efektifitas serta efesiensi. Sebagaimana dimaksud ialah inisiatif kesederhanaan RPP ini tidak banyak halaman namun tidak mengurangi ruang lingkup substansi nya atau dapat dikatakan RPP tetap lebih berkualitas.

Bahkan pada penyampaian kebijakan pendidikan "merdeka Belajar" dari penyajian RPP ini di dedikasikan, serta dimaksudkan supaya meringankan beban administrasi guru sekaligus kurangi beban guru. Bagian hal terpenting lainnya adalah terkait esensi pada konsepnya, jadi kira-kira apakah ketika proses mengajar anak didik mengalami perubahan sesuai konsep penggunaan/kenyataan dari RPP, karena itulah bagian yang penting proses refleksi dan esensi dari RPP.

Contoh RPP 1 Lembar Halaman Sesuai Mendikbud No 14 Tahun 2019 RPP K-13 SD Admterbaru

Mengulas terkait penulisan penyusunan RPP sebagaimana kita ketahui merupakan perencanaan pembelajaran satu kali pertemuan maupun lebih. Berdasarkan Permendikbud no 22 Pengembangan RPP dikembangkan mengacu pada Silabus dan pemetaan indikator pada Buku Guru. Rencana pembelajaran RPP sepenuhnya pengelolaan kelas berupa mencakup prosedur kegiatan dalam upaya mencapai tujuan instruksional khusus (Program Pendidikan / Program Pengajaran K13).

Apabila mengingat suatu proses pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan yakni berpusat pada siswa (student centered approach) dan pada guru (teacher centered apporoach). Dalam imlpelemntasi revisi baru saat ini pengembangan RPP haruslah memegang teguh tiga prinsip yakni efektif, efesien serta berorientasi pada murid.

Bukan itu saja pada peraturan kebijakan terbaru dalam pembuatan RPP bagian yang perlu diperhatikan yakni mengenai 3 (tiga) komponen inti, dengan RPP mencakup Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah kegiatan pembelajaran serta penilaian pembelajaran (assessment). sedang komposisi penyusunan RPP lainnya bersifat pelengkap.

Adapun contoh RPP satu halaman yang dapat anda gunakan sebagai tambahan referensi maupun perbandingan sudah admin siapkan dengan rincian memuat serangkaian isi meliputi:

Identias Sekolah, Kelas dan Muatan Materi
A. Tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Pembelajaran (Pendahuluan & Penutup)
C. Penilaian (Sikap, Pengetahuan & Keterampilan)

Supaya lebih jelas silahkan lihat serta tinjau contoh format RPP satu lembar 2020 PDf Versi 1 pada tautan [disini]

Selanjutnya versi ke dua RPP dapat rekan guru tinjau juga dan lihat setiap rincian detail nya dengan berisikan komponen-komponen rancangan RPP sebagai berikut:

A. Tujuan
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator
D. Materi Esensi
E. Metode
F. Media Sumber Belajar
G. Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian

Meninjau sekaligus melihat secara detail RPP satu Lembar 2020 silahkan anda akses yang telah tertuang pada dokumen PDF lewat rujukan [disini].

Mungkin itu saja informasi terbaru paling update mengenai kebijakan serta contoh file penyedehanaan RPP saya sediakan setiap berkasnya diatas. Penuh harap dapat menjadi sumber tambahan acuan buat Bapak Ibu Guru.

Akhir penyampaian jika berkenan silahkan untuk membagikan kembali RPP tersebut lewat media sosial baik Forum, Group maupun status kepada rekan guru-guru lainnya yang mungkin sedang memerlukan diluarsana. Sekian Terimakasih bagi yang sudah ikut berpartisipasi semoga dapat menjadi berkah dan memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar